Rabu, 12 Maret 2014

METODOLOGI PENELITIAN -Langkah Penelitian/Proses Kegiatan Ilmiah (Bag. 2)

Macam-Macam Metode Penelitian:
a. Metode eksperimen (menguji cobakan)
Penelitian untuk menguji apakah variabel-variabel eksperimen aktif atau tidak
b. Metode Verifikasi (pengujian)
Untuk menguji seberapa jauh tujuan yang sudah digariskan itu tercapai atau sesuai atau cocok dengan harapan ataupun teori yang baku 
c. Metode deskriptif (mendeskripsikan)
Digunakan untuk mencari unsur-unsur , ciri-ciri, sifat-sifat suatu fenomena 
d. Metode historis (merekonstruksikan)
Metodologi penelitian yang meneliti sesuatu yang terjadi di masa lampau


Langkah-langkah Penelitian (Proses Kegiatan Ilmiah)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhejbhXYk61I5erR6ACjeg9cfWjlgRvKfQHuJZMt9NBfvMAC_hG_bFlAF0Q4MTJe4H9BcwmWF8SBuOawSd_wxJRFJ8EZQxLbETNACiOxbboag847HnOe0IT53t6T2fxzeRF1I0S7hyphenhyphenzZas/s1600/Drawing1+(2).jpg 
Sesuai dengan alur langka-langkah penelitian di atas, maka dapat dituliskan pula langkah-langkah penelitian dari penulis yang disesuaikan dengan judul Tugas Akhir penulis
Nama                        : Imana Nur Anggreani
NIM                           :  4.35.10.0.12
Judul Tugas Akhir    :  ANALISIS SISTEM PENGUKURAN DEBIT AIR TERDISTRIBUSI BERBASIS JARINGAN 
                                   SENSOR NIRKABEL

Berikut langkah-langkah penelitian Tugas Akhir dengan judul “ANALISIS SISTEM PENGUKURAN DEBIT AIR TERDISTRIBUSI BERBASIS JARINGAN SENSOR NIRKABEL”, disesuaikan dengan langkah-langkah penelitian di atas
1. Alat ukur meteran air yang telah dibuat pada Tugas Akhir  sebelumnya (Listya,Afwah 2013) masih menggunakan mikrokontroller dan modem GSM.
Namun dengan adanya sistem yang telah dibuat ini, dirasa masih mengalami kelemahan, dimana sistem ini hanya mampu mendeteksi satu pelanggan dengan satu modem GSM .Kesulitan akan dialami ketika sistem ini digunakan untuk memantau banyak tempat atau di daerah perumahan, dimana ada beberapa lokasi yang tidak bisa terjangkau oleh sensor akibat jarak yang relatif jauh. Apabila pada gedung atau perumahan dipaksakan menggunakan sistem ini, maka beberapa tindakan yang perlu dilakukan yaitu: 
  •  Memperbanyak  sistem  pengukuran debit air untuk  menjangkau  seluruh  area, tetapi konsekuensinya ada banyak Modem GSM yang diperlukan sehingga menimbulkan pemborosan dan biaya yang mahal serta terjadinya pembebanan pada server karena satu pelanggan langsung melaporkan ke server, ketika server tersebut diakses oleh banyak pelanggan maka akan terjadi penumpukan traffic. Akibat yang ditimbukan adalah tidak praktis jika memaksakan langkah ini.

  • Ada banyak sistem pengukuran debit  air, akan terjadi pemborosan banyak kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara satu system dengan system yang lain. Ada banyak interface Access point  pula sebagai penghubung antara sistem pengukuran debit air  terhadap server hosting. Secara teknis, hal ini akan sulit dilakukan.

Maka setelah mengetahui beberapa kelemahan dari sistem diatas , mengembangkan Sistem pengukuran debit air berbasis Jaringan Sensor Nirkabel untuk pengukuran penggunaan air secara digital jadi petugas penyedia jasa air tidak perlu mengirimkan petugasnya untuk mendatangi tiap-tiap rumah pelanggan untuk memberikan informasi jumlah pemakaian air tiap bulannya dan dapat mengurangi pembebanan server apabila menggunakan Jaringan sensor nirkabel.
2.Setelah merumuskan masalah, maka disusunlah kerangka pemikiran dalam usaha menyelesaikan Tugas Akhir.
    • Melakukan studi literatur atau iterator digunakan untuk memperoleh informasi dan teori dasar tentang materi tugas akhir yang informasinya diperoleh dari buku,internet,serta jurnal, sebagai studi pustaka untuk mendukung pembuatan tugas akhir. 
    • Melakukan observasi atau studi lapangan guna memperoleh informasi dan data-data langsung dari hasil pengamatan guna menunjan Tugas Akhir. 
    • Merancang dan melakukan pembuatan alat serta system untuk Tugas Akhir yang nantinya akan direalisasikan alatnya. 
    • Melakukan pengujian alat Tugas Akhir,dilakukan untuk menguji system yang telah dibuat serta menguji parameter yang nantinya mempengaruhi system kerja dari alat tersebut. Data hasil pengujian yang diperoleh akan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. 
    • Melakukan analisis terhadap alat dan juga segala sesuatu yang berhubungan dengan sisremnya. Bobot proses kerangka berpikir nantinya lebih dominan (Tingkat analisis sesuai dengan D4) dimana dalam pembahasan Tugas Akhir ini lebih menekankan pada analisis jaringan sensor nirkabel.
3.Dengan bantuan alat yang menggunakan teknologi sensor water flow yang berbasis jaringan sensor nirkabel, sehingga nantinya dapat mengukur jumlah volume air yang digunakan pelanggan dalam jangka waktu tertentu. Serta dapat mengirimkan data jumlah penggunaan air secara langsung ke server kantor penyedia jasa air secara lebih akurat dalam periode waktu yang telah ditentukan.
4. Memacu dengan Tugas Akhir yang telah ada sebelumnya, bahwa alat yang menggunakan teknologi seluler dikombinasikan mikrokontroller telah banyak diterapkan baik untuk mengukur air sendiri. Sehingga bila mengembangkan dengan teknologi jaringan sensor nirkabel, maka dapat diyakinkan bahwa system pengukuran debit air terdistribusi berbasis jaringan sensor nirkabel dapat diwujudkan. 

 5. Setelah system dan alat telah selesai dibuat, kemudian diujikan barulah dilakukan analisis. Pada  inputan alat tersebut yaitu mengambil data sensor dari dua buah 3 buah node yang notabene sebagai 3 pelanggan dari penyedia jasa air dan mengirimkan data 3 pelanggan kepada coordinator melalui jaringan Zigbee.Coordinator diletakkan ditengah sehingga masing-masing node dapat terhubung secara langsung. Coordinator langsung menangani semua perangkat, sehingga tidak perlu melakukan fungsi routing. Lalu ketika 3 buah data tersebut sudah terkumpul di Coordinator kemudian dikirimkan ke server. Serta dapat mengirimkan data jumlah penggunaan air secara langsung ke kantor pusat perusahaan penyedia jasa air secara lebih akurat dalam periode waktu yang telah ditentukan berbasis web, agar tidak perlu mengirimkan petugas untuk mengecek secara manual serta data lebih akurat. Selain itu dari pihak pelanggan juga dapat mengetahui secara langsung berapa jumlah pemakaiannya melalui tampilan meteran air yang dirancang secara digital dan dapat mengakses secara online melalui website resmi. 
     6. Dengan bantuan alat pengukuran debit air menggunakan    teknologi sensor berbasis jaringan sensor nirkabel, sehingga nantinya dapat mengukur jumlah volume air beberapa pelanggan dalam satu coordinator dalam jangka waktu tertentu yang kemudian data jumlah penggunaan air secara langsung dikirim ke kantor server penyedia jasa air secara lebih akurat dalam periode waktu yang telah ditentukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar