Rabu, 16 April 2014

Metodologi Penelitian - Contoh Hipotesis

Telah dijelaskan secara singkat deskripsi umum tentang hipotesis dalam sebuah penelitian, maka berikut akan dipaparkan beberapa contoh hipotesis dari rumusan masalahnya.

Judul Tugas Akhir: Analisis Sistem Pengukuran Debit Air Berbasis Jaringan Sensor Nirkabel.
Berdasarkan judul tugas akhir tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
a. Bagaimana membuat sistem pengukuran debit air digital berbasis jaringan sensor nirkabel. 
b. Bagaimana pengaruh sinyal Zigbee terhadap jarak tanpa halangan dan jarak ada halangan.
c. Bagaimana mengirim data penggunaan air pelanggan dan tarif penggunaan air ke server hosting dengan interface web yang bisa diakses oleh pihak penyedia jasa air dan pelanggan dengan ijin akses yang berbeda.

Hipotesis:

a.Jaringan Sensor Nirkabel dapat menghubungkan antar sensor supaya membentuk suatu jaringan sehingga bisa dikontrol dan dimonitoring pada sistem pengukuran debit air.
b.Pengiriman data jumlah penggunaan air secara langsung ke kantor pusat perusahaan penyedia jasa air secara lebih akurat dalam periode waktu yang telah ditentukan berbasis web. Pihak pelanggan juga dapat mengetahui secara langsung berapa jumlah pemakaiannya melalui tampilan meteran air yang dirancang secara digital dan dapat mengakses secara online melalui website resmi.
c. Adanya jarak dan penghalang memberikan pengaruh RSSI pada Jaringan Zigbee.

Berdasarkan judul jurnal "Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Nilai Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Citra PT.POS Sebagai Penyedia Jasa Kurir (Survei pada Pelanggan EMS PT.POS Kota Bandung) " Yupi Yuliawati , maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:


Bagaimana mengetahui kualitas jasa terhadap nilai pelanggan serta dampaknya terhadap citra PT.POS? Hipotesis:
Kualitas jasa berpengaruh terhadap nilai pelanggan, nilai pelanggan berpengaruh terhadap citra perusahaan PT.POS sebagi penyedia jasa kurir. Faktor yang mempengaruhi citra PT.POS yaitu nilai pelanggan.




Berdasarkan judul jurnal "Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kualitas Layanan Pegawai Terhadap Kepuasan Nasabah BNI Cabang UPI (Survei pada Pegawai di Lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Bumi Siliwangi)" Gina Aprilita Susanty , maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
 
“apakah terdapat pengaruh antara kemampuan kerja dan kualitas layanan pegawai
terhadap kepuasan nasabah.”

Hipotesis:
Variabel yang mempengaruhi kepuasan nasabah pada Bank BNI Cabang UPI dengan cara peningkatan kemampuan kerja dan kualitas layanan pegawai.   

Referensi: 
http://jurnal.upi.edu/imb/view/1945/pengaruh-kualitas-jasa-terhadap-nilai-pelanggan-serta-dampaknyaterhadap-citra-pt.pos-sebagai-penyedia-jasa-kurir-survei-pada-pelanggan-ems-pt.pos-kota-bandung-.html
http://jurnal.upi.edu/imb/view/1949/pengaruh-kemampuan-kerja-dan-kualitas-layanan-pegawaiterhadap-kepuasan-nasabah-bni-cabang-upi--survei-pada-pegawai-di-lingkungan-universitas-pendidikan-indonesiakampus-bumi-siliwangi-.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar